Saturday, June 5, 2010

Kisah Ali Bin Abi Thalib RA Tentang Keutamaan Ilmu Dibanding Harta

Ambil manfaat dari pelajaran kisah di bawah ini.

Nabi pernah bersabda:

“Ana madinatul ‘ilmi wa ‘Ali baabuha”

(Aku ini kotanya ilmu dan Ali adalah pintunya)

Pernyataan Nabi ini adalah sebagai ungkapan betapa luas dan tingginya ilmu Ali bin Abi Thalib, kholifah ke-empat.

Bagi kaum Khawarij, kaum yang menentang Khalifah Ali bin Abi Thalib, pujian Nabi menimbulkan rasa benci dan iri. Oleh karena itulah mereka mengirimkan sepuluh orang untuk menguji kepandaian Ali bin Abi Thalib. Secara bergilir mereka mengajukan pertanyaan yang sama. Yaitu: “Mulia mana, ilmu dengan harta?”

Jawaban Ali untuk penanya.

Pertama, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmu adalah warisan para Nabi sedangkan harta adalah warisan Fir’aun, Qarun, dan sebagainya.

Kedua, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmulah yang menjaga empunya, sedang harta, empunyalah yang menjaganya.

Ketiga, ilmu lebih mulia daripada harta karena orang berilmu banyak sahabatnya, sedangkan orang yang berharta lebih banyak yang menyatroninya.

Keempat, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmu bila disebarkan semakin bertambah, sedangkan harta bila disebarkan akan berkurang.

Kelima, ilmu lebih mulia daripada harta karena tidak bisa dicuri, sedangkan harta dapat hilang tercuri.

Keenam, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmu tidak dapat dibinasakan dan tidak dapat habis, sedangkan harta bisa habis punah.

Ketujuh, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmu tidak terbatas dan tak terhingga, sedangkan harta berbatas dan terhitung.

Kedelapan, ilmu lebih mulia daripada harta karena ilmu memberi sinar kebaikan, menjernihkan hati dan pikiran, sedangkan harta pada umumnya dapat menggelapkan hati.

Kesembilan, ilmu lebih mulia daripada harta karena orang berilmu lebih suka kebajikan dan mendapat sebutan mulia yaitu si Alim, sedangkan orang berharta lebih cenderung kepada sifat bakhil dan egois.

Kesepuluh, ilmu lebih mulia daripada harta karena orang berilmu lebih mendorong untuk mencintai Allah, berperikemanusiaan tinggi, serta merendahkan diri, sedang harta benda membangkitkan rasa sombong, congkak, dan takabur.

Jawaban Ali yang berbeda-beda untuk pertanyaan yang sama mengaburkan rasa benci beralih rasa kekaguman dan hormat.

Marilah kita terus hidup untuk menambah ilmu dengan membagikannya…

diambil dari : http://maroebeni.co.cc/2009/01/31/10-keutamaan-ilmu-di-atas-harta/

No comments: